oprekmotore

Apa Itu Upside Down SFF BP?


Assalamualaikum, Mas bro Mba sist, CBR150R MY2021 membawa fitur Upside Down shock pada suspensi depannya. Menariknya adalah diumumkannya tipe USD nya yang anut SFF BP buatan dari Showa. SFF BP kepanjangan dari Separated Function Fork Big Piston. Apa sih yang dimaksud dengan SFF BP?Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai Upside Down SFF BP.

Kita bahas dahulu tipe SFF yang ada pada CBR250RR dan YZF-R15 v3. Sesuai dengan namanya yang mengandung kata Separated yang artinya terpisah. Yak, USD tipe SFF ini mempunyai fungsi yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Menurut penjelasan Ridwan Arifin selaku Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang dikutip dari Gridoto, Untuk sok bagian kiri berfungsi sebagai kompresi. Sedangkan bagian kanannya untuk rebound. Hal ini menyebabkan jeroan part antara kanan dan kiri berbeda. 

Shock depan sebelah kiri yang berfungsi sebagai kompresi kontruksinya bisa dibongkar total. Sedangkan pada shock depan sebelah kanan tidak bisa dibongkar total, hanya bisa dilepas tabung dan sealnya. Mas bro Mba sist bisa lihat skemanya seperti apa pada gambar di bawah ini.


Lalu bagaimana dengan SFF-BP? Apa bedanya dengan SFF non BP? Sesuai dengan namanya, Big Piston, ini yang jadi inti utama pembedanya. Bila pada SFF non BP terdapat dua piston yang masing-masing ada di atas dan di bawah, pada SFF-BP hanya mempunyai 1 piston. Meskipun demikian, ukuran pistonnya lebih besar, karenanya silinder di dalamnya hanya ada satu dan tidak punya silinder dan catridge. 

Dengan demikian, karaker antara SFF dengan SFF-BP menjadi berbeda. Menurut Bapak Endro Sutarno sebagai Senior Intructure TSD AHM yang OM kutip dari Tmcblog, SFF-BP lebih fokus ke pengereman. Stabilitas pengereman lebih baik serta karakternya yang lebih responsif. Sedangkan SFF yang ada pada CBR250RR lebih fokus ke karakter respon pada cornering yang lebih baik.

Yak....itulah mengenai Upside Down tipe SFF dan tipe SFF-BP. Jeroan part yang berbeda membuat karakternya jadi berbeda juga. Semoga bisa bermanfaat ya.

Post a Comment

0 Comments