oprekmotore

Update Dari All New PCX MY2021



Assalamualaikum, Mas bro Mba sist. Artikel sebelumnya sudah sedikit menjelaskan mengenai apa saja update terbaru dari All New PCX yang sekarang sudah tidak lagi memakai identitas kapasitas mesinnya pada nama resminya. Pada artikel kali ini akan kita bahas apa saja yang baru dari All New PCX yang kapasitas mesinnya naik menjadi 160cc ditambah dengan 4 katup.

1. Mesin


Yang paling menyita perhatian tentu ada di kapasitas mesin yang kini naik menjadi 156,9cc hasil dari perkawainan bore sebesar 60mm dengan stroke 55,5mm. Mengusung enhanced Smart Power plus (eSP+) yang mana biasanya hanya eSP saja, Honda sepertinya akan mengusung eSP+ ini untuk mesin dengan 4 katup. Perbandingan kompresi mesin ikut terkerek menjadi 12:1....hhmmm...apakah tujuannya untuk mengatasi pada putaran bawah agar tidak terlalu loyo?

Throttle body juga ikut naik spek menjadi 28mm, sayangnya saat ini belum ada info mengenai berapa lubang injectornya dan volume yang disemprotkan per menit. Yang jelas sih air flow dan juga profil noken as juga diperbaiki sehingga kini mampu memuntahkan tenaga maksimal 11,8kW (15,812dk) (16,048ps) di 8500rpm serta torsi maksimal 14,7 Nm di 6500rpm.

2. Traction Control


Honda menyebutnya dengan HSTC atau Honda Selectable Torque Control. Meskipun namanya beda tapi secara kinerja sama kok Mas bro Mba sist, yaitu untuk melakukan penurunan tenaga bila roda belakang slip. Dengan demikian tingkat keamanan semakin besar dan tentunya bisa menurunkan angka kecelakaan. HSTC ada pada tipe ABS serta e:HEV, untuk CBS belum ada sehingga kalau ingin sekali ada fitur ini, silakan pilih tipe ABS atau e:HEV ya.

3. Rangka Baru Kapasitas Tangki BBM dan Bagasi Naik


Penggunaan rangka baru, semakin memberikan kenyamanan dan mendukung performa tinggi dari All New Honda PCX. Dengan struktur yang lebih simple tanpa mengubah bentuk desain bodi, memberikan peningkatan kapasitas bagasi untuk tipe CBS dan ABS menjadi 30 liter serta untuk tipe e:HEV menjadi 24 liter. Kapasitas tangki bahan bakar pun semakin besar, menjadi 8,1 liter. Perubahan juga terdapat pada ruang area kaki pengendara, yang kini lebih panjang 3 cm, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman dalam menempuh area perkotaan maupun jarak jauh.

4. Speedometer


Panel Speedometer All New PCX kini mempunyai 3 kluster di mana desain dan layout yang baru.  Kluster tengah ada speedometer jenis negative display ini pada sisi atas pojok kiri ada jam. Sedang di tengah yang paling besar diisi petunjuk kecepatan, di bawahnya ada garis memanjang sebagai fuelmeter. Kemudian di deretan paling bawah ada beberapa info, mulai dari data konsumsi bensin, odometer juga tripmeter, termasuk juga pengingat waktu ganti v-belt dan oli. 

Geser ke kluster kiri, terdapat lampu petunjuk sein kiri, lampu jauh, aki, suhu mesin dan check engine. Sementara di kluster kanan ada info lampu sein kanan, HSTC, ISS dan ABS. Sebenarnya agak mubazir ya kluster kanan dan kirinya karena masih ada ruang kosong di sana.

5. Roda


Yang paling menyita perhatian meskipun hanya melihat sekilas ada pada desain velg yang kini seperti Y namun desain Y nya tidak tegak lurus, melainkan salah satu sisinya agak memanjang. Tak hanya desainnya saja yang berubah, velgnya kini lebih lebar di mana yang depan kini berukuran 2,75 inci dengan diameter 14 inci. Sedangkan yang belakang lebarnya 3,5 inci tapi dengan diameter velg yang turun menjadi 13 inci.

Dengan semakin lebar velg maka makin lebar pula ban yang membalut velgnya. Ukuran ban kini 110/70-14 untuk depan dan 130/70-13 untuk belakang. Buat mereng-mereng tentu aja menjadi lebih enak nih...hehehe

6. Printilan Update


Mulai dari sektor desain, sebenarnya hampir tidak ada perubahan berarti. Yang terlihat jelas ada pada sektor lampu depan dan belakang. Masih tetap full LED, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di atas ya.


Di sebelah kiri di bawah setang, masih ada laci yang ada power outlet tipe usb dengan tegangan 5 volt bersanding arus 2,1 ampere


Dengan velg belakang yang ring nya turun dari 14 inci menjadi 13 inci maka tujuannya bukan untuk memperbesar volume bagasi. Akan tetapi untuk meningkatkan jarak main dari 85mm menjadi 95mm. Engine mounting pun diubah dari yang di bawah menjadi di atas.

Piston Oil Jet, teknologi pelumasan piston dari motor trail Honda CRF450R. Tensioner rantai keteng juga diganti, sekarang pakai teknologi bernama Hydraulic Cam Chain Tensioner Lifter.

Post a Comment

0 Comments