oprekmotore

Bunyi Jedak Jeduk Shock Depan Atasi Pakai Oli Samping



Assalamualaikum, Mas Bro Mba Sist. OM sedang bingung dengan adanya bunyi jedag jedug di shock depan. Entah karena shock depan Jumeko keempukan atau gara-gara 2 buah relay di balik tebeng depan yang berbenturan dengan komstir. Kalaupun karena keempukan, oli shock apa yang bisa mengatasi hal tersebut tapi tetap aman terutama di seal shocknya? Setelah lama berselancar, akhirnya diputuskan untuk mencoba pakai oli samping 2tak. hmmm....

Konon katanya punya kekentalan 20W yang entah kenapa pada kemasan baru, viskositas oli samping tak dimunculkan keterangannya. Pilihan jatuh pada oli samping Evalube karena murah, hanya Rp 21.000 dapet 700 ml. Lunayan kan kalau berhasil ya bisa dapat "oli shock" dengan harga lebih terjangkau tapi dapat lebih banyak.

Oke, saatnya siapkan.....
1. Wadah yang punya bibir lebar tapi dalam
2. Suntikan 10ml yang biasanya untuk isi tinta
3. Olsam Evalube

Bila suntikannya mempunyai belalai maka tak perlu wadah karena bisa sedot langsung dari botolnya. Percobaan pertama akan diisi dengan volume 70ml masing-masing tabung. Setelah tabung sudah dibersihkan, silakan isi dengan olsam. Lalu bagaimana dengan impresinya? Untuk cornering enak bener, lebih mudah untuk koreksi dan stabil. Akan tetapi....masih ada bunyi jedag jedug ketika melewati poldur/gundukan yang terlampau sangat "landai". Apalagi ketika melewatin jalan jelek, merdu sekali bunyi jedag jedugnya. Dan terasa sangat keras, melewati jalan beton yang sudag terkikis saja maka getarannya bisa dengan sukses mengguncang kepalamu.

Lalu bagaimana? Apakah lanjut pakai atau ganti atau kurangi volume olinya? Yak....kita coba dahulu sampai 1000km karena berkaca saat OM pakai oli shock dengan viskositas 15W, setelah menempuh jarak yang hingga ratusan kilometer membuat kemampuannya berkurang. Jadi berasa encer gitu Mas Bro Mba Sist. Nah mungkin saja nanti jadi lebih encer bisa lebih enak. Mas Bro Mba Sist yang mau coba, cukup pakai 60ml saja ya.

Post a Comment

0 Comments