oprekmotore

Honda CB150R MY2021 Gini Loh Desain Macho


Assalamualaikum, Mas Bro Mba Sist. Ketika melihat dari layar kaca Honda CB150R untuk model tahun 2021 yang sukses diluncurkan pada 5 Mei 2021 oleh PT Astra Honda Motor (AHM), OM terpana dan bilang "gini loh desain motor dengan konsep macho!"


Jujur saja OM gregetan sekali melihat desain Yamaha Byson terutama ketika sudah dibekali dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Apalagi ketika sudah muncul versi keduanya, apaan sih?! Konsep macho atau muscle kok seperti ini sih? Okelah berotot, besar, tapi terasa tidak nyambung, tidak mengalir desainnya dari depan hingga akhir. Hampir tidak ada keharmonisan yang terlihat, dominan BESAR. Sudah itu saja. Apalagi bila kalian melihat area mesin, waduh....baru kali ini bilang bahwa dimensi mesinnya kekecilan.

Melihat desain dari Honda CB150R MY2021 ini, seakan menghilangkan gregetan yang OM alami selama ini. Konsep streetfighter sungguh kental di motor ini, kekar, besar, namun tetap harmonis dari headlamp hingga ke taillamp. Dengan mesin DOHC 150cc yang menghasilkan tenaga 16,9 PS di putaran 9000 rpm, sebenernya masih terlihat kecil bila dibandingkan dengan dimensi bodynya tapi masih okelah. Yang paling menarik perhatian itu ada di shroudnya,ini yang jadi pembedanya dari desain sebelumnya.



Apalagi bila kita melihat desain terbaru dari Byson atau FZ FI atau bisa kita bilang Byson versi ketiga. Ya Allah....berotot oke tapi kesan bantet kental sekali. OM sendiri hanya merasakan keharmonisasian "besar" saja, sepertinya ini bukan selera OM dan bisa jadi untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Maka tak heran bila sampai saat ini di Indonesia belum ada update terbaru dari Byson, di samping memang pangsa pasar sport sudah menurun drastis dibanding tahun tahun sebelumnya.


Karena itu mudah-mudahan Yamaha kalau mau rombak desain Byson aka FZ series ini jangan pakai selera India lah. Kurang bisa masuk untuk kebanyakan orang atau bahasa kerennya adalah segmented. Honda CB150R MY2021 ini bisa jadi benchmark yang bagus, sinergi desainnya dapat dan tidak harus memaksa memperbesar dimensi body. Lebih keren lagi kalau bisa ditambahkan dengan USD di sok depannya. Beeuuuhh....pasti makin kece badai dah, betul atau benar Mas Bro Mba Sist?

Post a Comment

0 Comments